Ketika anak mulai masuk usia belajar. Mana yang lebih dulu diajarkan, belajar membaca, menulis atau menghitung?berikut ini ulasanya.

Membaca menulis dan menghitung adalah kemampuan dasar setiap orang, yang biasanya sudah diajarkan sejak dini oleh orang tuanya.

Hal ini Karena membaca, menulis dan berhitung adalah kemampuan dasar yang penting untuk memasuki gerbang ilmu maupun kehidupan nyata, yang tentunya menggunakan kemampuan membaca menulis dan menghitung.

Mana lebih dulu, belajar baca, menulis menghitung ?

Ketika mengajak  anak belajar pertama kali, mungkin akan sedikit repot dan membingungkan. Apalagi bagi anda yang sebelumnya belum pernah mendidik anak.

Maka dari itu, anda sebagai orang tua juga perlu belajar cara mengajari anak agar menguasai beberapa kemampuan dasar seperti membaca menulis menghitung.

Butuh penyesuaian khusus dari apa yang akan diajarkan dengan kemampuan penalarannya.

Pasalnya, jika tidak dilakukan penyesuaian anak bisa saja tidak akan menyerap pengetahuan dengan baik. Alih alih berniat membantu anak dalam belajar malah makin membebani anak karena salah menerapkan metode belajar.

Hal ini karena setiap materi yang diajarkan harus bergantung terhadap fase tumbuh kembang anak itu sendiri. Setiap fase pertumbuhan anak, metoda dan materi belajar yang diajarkan bisa saja berbeda.

Tips Mengajari Anak Pembelajaran Dasar Dengan Tepat

Jika anak anda baru saja mulai masuk usia belajar paling awal. Hal yang harus anda berikan tentang pembelajaran dasar yang tepat, adalah sebagai berikut ini.

  1. Lebih Dulu Diajari Membaca

Pada awal usia belajar, hal pertama yang diajarkan kepada si kecil adalah belajar membaca. Anda bisa mulai mengenalkan kepada huruf, kemudian kata, kemudian kalimat dan seterusnya. Tentunya ini proses yang harus diajarkan secara runut dan ekstra sabar.

Tujuan pembelajaran membaca adalah anak akan mengenal berbagai huruf, kemudian perlahan seiring waktu bisa merangkainya menjadi kata hingga seterusnya. Ini adalah pelajaran dasar. Untuk tingkat lanjut, dari pelajaran membaca sehingga si kecil akan bisa belajar hal hal lainya.

  1. Kedua, Belajar Menulis

Setelah diajari membaca, anak diberi pembelajaran tentang menulis. Tidak harus selalu sempurna pada awalnya. Karena mungkin saja di tahap ini proses belajar membaca belum sepenuhnya dikuasai. Namun tidak ada salahnya selagi anak mendalami proses belajar membaca, sambil diajari menulis. Justru, dengan menulis anak akan lebih mudah memahami huruf huruf dan akhirnya bisa merangkai sebuah kata. Belajar menulis sangat bagus untuk menunjang kemampuan membaca.

3  Ketiga Belajar Menghitung

Selanjutnya, setelah anak anda belajar membaca dan menulis. Perkenalkan dia dengan belajar menghitung. Mungkin belajar menghitung akan sedikit terasa rumit bagi anak anda karena melibatkan proses penalaran, perbandingan, disini logika mulai berperan.

Untuk pelajaran menghitung, anda bisa mulai dari yang paling sederhana. Misalnya, mengajarinya menghitung dengan benda benda yang baginya akrab. Seperti mainan bola dan sebagainya. Contohnya, satu bola ditambah satu bola sama dengan dua. Kalau satu bola ditambah tiga bola, jumlahnya 4 bola.begitulah metode yang bisa anda berikan dalam mengajari anak berhitung.

Sebetulnya masih banyak contoh lain. Apapun contoh yang akan diberikan dalam pelajaran menghitung anak. Jangan gunakan angka angka abstrak karena akan sulit bagi anak yang baru saja belajar berhitung. Sebaiknya gunakan contoh dengan benda benda nyata seperti contoh tadi. Bisa juga misalnya anda minta anak anda menghitung berapa lama jam tidurnya, atau berapa jarak rumah ke sekolah dan lainya.

Dalam mengajari berhitung, harus bertahap. Misalnya ajari lebih dulu tentang cara menghitung penambahan, kemudian bertahap diajari perkalian, pengurangan, pembagian dan seterusnya.

Nah itulah tadi cara mengajari anak belajar di awal usia belajarnya. Yaitu pertama belajar membaca agar mengenal huruf, kata, kalimat. Kemudian disusul belajar menulis agar bisa menghubungkan huruf menjadi kata dan seterusnya sekaligus menguatkan pembelajaran membacanya. Dan terakhir, mengajarinya menghitung agar bisa melakukan perhitungan dasar seperti penambahan, perkalian, pembagian, pengurangan. Semoga bermanfaat.

Pic: kaltim.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA