Berkas apa saja yang wajib dibawa saat daftar ulang sekolah anak? Meski kelihatan remeh, tapi melengkapi berkas berikut ini adalah wajib saat melakukan daftar ulang sekolah anak.

Jika salah satu saja tidak lengkap, maka proses daftar ulang bisa terkendala, biasanya pihak sekolah akan menyarankan untuk melengkapi berkas yang kurang, baru kemudian bisa memproses kembali proses daftar ulang.

Dalam dunia pendidikan anak. Selain mengurusi berbagai hal berkaitan dengan berbagai proses dan kegiatan belajar mengajar, orang tua juga mengurusi berbagai hal lain. Seperti misalnya mengurus daftar ulang sekolah anak.

Daftar ulang sekolah ini biasanya dilakukan ketika kenaikan kelas dan bagi siswa yang baru diterima di sekolah tempatnya mendaftar.  Berkas ulang sendiri merupakan registrasi ulang dalam rangka mem verifikasi dan validasi calon peserta didik baru.

Dalam registrasi ulang, siswa atau wali diminta memenuhi syarat syarat baik administratif maupun syarat lainnya seperti membayar biaya daftar ulang dan syarat syarat lainnya.

Dalam melakukan daftar ulang, umumnya calon siswa atau wali baik orang tua atau yang mewakili, datang ke sekolah langsung dengan membawa berkas berkas yang diminta pihak sekolah.

Berkas berkas  ini wajib dilengkapi, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Selain membawa berkas, biasanya juga pihak sekolah meminta mengisi formulir pembayaran maupun pernyataan tertentu.

Yups, karena pendaftaran ulang biasanya memerlukan biaya maka perlu mengisi form pembayaran yang sudah disediakan pihak sekolah. Adapun sistem pembayaran tergantung masing masing kebijakan sekolah dan peralatannya.

Maka dari itu, mengingat sejumlah dokumen atau berkas wajib dibawa. Maka jauh jauh hari sudah disiapkan agar proses daftar ulang tidak terhambat hanya karena kurang lengkapnya dokumen.

Di sekolah, petugas dari pihak sekolah akan memandu anda melakukan proses daftar ulang. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang berkas apa saja yang wajib dibawa saat melakukan daftar ulang sekolah anak.  Simak selengkapnya berikut ini.

Berkas yang Wajib dibawa saat daftar ulang sekolah anak

Ajaran baru 2021-2022 sudah dimulai. Peserta didik baru perlu melakukan pendaftaran ulang jika diterima di sekolah yang dia daftar.

Karena pandemi, kemungkinan banyak sekolah membuka pendaftaran ulang dengan sistem online. Begitu juga pengumuman penerimaan sebelumnya juga dilakukan daring.

Biasanya, pengumuman diberitahukan melalui website sekolah tersebut. Lalu, ketika sudah diterima sekolah tersebut, berkas apa yang wajib dibawa saat pendaftaran ulang? Untuk diketahui, daftar ulang tetap mewajibkan mengirim berkas dalam bentuk hard copy ke pihak sekolah. Simak selengkapnya berikut ini

Berkas yang Wajib Dibawa Saat Daftar Ulang Anak Sekolah

Peserta yang sudah diseleksi melalui proses  dinyatakan lulus, wajib melakukan pendaftaran ulang dengan batas waktu tertentu. Biasanya sekolah tersebut memberi tenggang waktu dua minggu sejak peserta dinyatakan lulus.

Dalam melakukan pendaftaran ulang, calon siswa atau wali/orang tua datang ke sekolah guna melengkapi berkas berkas yang dibutuhkan. Yaitu diantaranya :

  1. Membawa Berkas formulir rencana pembayaran (biasanya di download di web sekolah yang bersangkutan) atau diberikan saat anda datang ke sekolah
  2. Membawa berkas Fotokopi kartu keluarga (KK) 1 lembar
  3. Membawa berkas Fotokopi orang tua/wali ayah dan ibu, masing masing sebanyak 1 lembar.
  4. Membawa Fotokopi Ijazah legalisir basah sebanyak 2 lembar
  5. Membawa berkas Fotokopi SKHUN legalisir basah sebanyak dua lembar

Berkas ini wajib dilengkapi dan dikumpulkan dalam bentuk hardcopy secara langsung/via kurir ke sekolah yang bersangkutan. Untuk diperhatikan, persiapkan baik baik berkasnya jangan sampai kurang sehingga tidak menghambat proses daftar ulang.

Sebaiknya juga sediakan berkas kopian yang lebih agar jika hilang masih ada penggantinya. Sehingga tidak repot harus buru buru fotokopi lagi.

Nah itulah berkas yang wajib dibawa saat melakukan daftar ulang anak sekolah. Mungkin bisa saja terdapat beberapa tambahan dokumen yang dibutuhkan, tergantung masing masing sekolah. Namun dokumen diatas wajib dibawa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA