Pelajaran di sekolah mungkin tidak serta merta dan selalu bisa terserap dengan baik seketika itu juga. Maka dari itu, mungkin anak anda perlu guru privat di rumah.

Mendatangkan guru privat bisa menjadi solusi bagus untuk membimbing anak anda diluar jam sekolah. Hal ini karena tidak semua pelajaran di kelas bisa diserap dengan baik.

Adakalanya anak anda merasakan kesulitan menerima pelajaran yang disampaikan guru. Mungkin juga sulit mengerjakan tugas tugas yang diberikan. Jika demikian guru privat bisa membantu anak anda.

Jika anda memutuskan mendatangkan guru privat ke rumah untuk bimbing anak anda. Ini adalah langkah tepat, namun beberapa hal harus diperhatikan.

7 Keuntungan Memiliki Guru Private di Rumah

  1.         Pastikan bahwa guru privat berkompeten. Juga bisa menyampaikan materi dengan baik dan pembawaanya saat mengajar menyenangkan. Jika tidak, anak anda malah bisa makin merasa terbebani. Satu sisi sudah dibebani tugas sekolah, di sisi lain terbebani pelajaran les privat tambahan.
  2.         Jika anda bisa memilih guru privat yang tepat untuk anak anda. Maka ada beberapa keuntungan yang anak anda dapatkan. Seperti misalnya, anak anda akan semakin menguasai materi pelajaran yang sebelumnya sulit berkat guru privat.
  3.         Anak anda juga bisa lebih leluasa dalam mengeksplorasi cara belajar yang tepat dibimbing guru privat. Bandingkan dengan sistem belajar mengajar di kelas yang kelihatannya membosankan, guru menerangkan dan siswa mendengarkan dan mengerjakan perintah.
  4.         Dalam les privat, anak dituntut lebih aktif, kreatif dan relatif bebas berdiskusi, tanya jawab terkait materi pelajaran. Kebebasan belajar membuat anak merasa lebih senang dan nyaman. Sehingga menumbuhkan antusiasme tinggi.
  5.         Keuntungan lainya mendatangkan guru privat, adalah membantu anak anda menyelesaikan tugas tugas atau materi yang belum dikuasai. Anda juga merasa tenang karena bimbingan belajar anak sudah ditangani ahlinya. Anda sebagai orang tua hanya perlu terus mendukung dan mengawasi anak anda dan ini bisa dilakukan maksimal karena pembelajaran dilakukan dirumah.
  6.         Selain itu, mendatangkan guru privat ke rumah memberi keuntungan karena, anak menjadi makin rajin belajar. Dan secara otomatis mengurangi kegiatan kegiatan yang sifatnya kurang produktif. Hal ini bukan berarti melarangnya sama sekali untuk bermain sesuai hobinya. Bermain adalah sama pentingnya dengan belajar bagi anak anak sejauh hal itu positif. Dengan adanya guru privat di rumah anak akan lebih banyak membaca buku atau belajar soal ketimbang bermain game.
  7.         Jadi ada banyak keuntungan mendatangkan guru privat di rumah. Sebagai orang tua pastinya akan terbantu karena anak anda dibimbing dengan tepat diluar jam sekolah.

 

Hal hal yang harus diperhatikan Saat Memilih Guru Private

Namun meski banyak keuntungan ketika guru les privat membimbing anak anda dirumah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih memiliki guru private diantaranya adalah :

  1.       Pastikan guru privat kredibel dan kompeten dibidangnya (dibuktikan dengan sertifikat, atau bukti lainya dari lembaga tempat ia bekerja)
  2.       Pastikan guru privat menyampaikan materi dengan sebaik mungkin kepada anak . Ini berarti mengacu pada metode mengajar guru privat. Guru profesional punya berbagai metode kreatif dalam mengajar agar siswa tidak bosan, lebih antusias dan lebih aktif. Penyampaian materi pelajaran yang baik, membuat anak mudah menyerapnya.
  3.       Pastikan bahwa ketika memutuskan mendatangkan guru privat kerumah atas persetujuan anak. Hal ini penting sebab si anak sendirilah yang akan belajar. Sehingga anda sebagai orang tua harus minta persetujuan anak saat berencana mendatangkan guru. Pastikan bahwa anak anda setuju untuk dibimbing guru dirumah. Jangan sampai anda memaksakan harus les privat ke anak tanpa melihat situasi dan kondisi anak. Jika dipaksakan, bisa saja anak merasa tertekan, stres, karena terlalu banyak belajar. Maka dari itu orang tua harus pandai menyiasatinya, karena jika tidak anak malah jadi malas belajar.

Nah itulah tadi tentang pentingnya guru privat di rumah. Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA