Tak sedikit orang tua yang merasa kurang cocok mengenai kurikulum di sekolah formal. Mereka lebih memilih untuk menggunakan metode homeschooling.

Lantas apa saja sih kelebihan dari homeschooling itu. Untuk lebih jelasnya bisa kita simak ulasan mengenai kelebihan homeschooling berikut.

1. Orang tua bisa memantau sepenuhnya perkembangan anak

Metode homeschooling yang dilakukan di rumah akan memudahkan orang tua dalam memantau setiap perkembangan anak, serta minat dan bakat yang dimilikinya.

Hal ini akan sangat berbeda jika anak dimasukkan ke sekolah formal yang berisi puluhan anak dalam satu kelas. Sudah bisa dipastikan akan susah dalam mengetahui perkembangan satu persatu secara maksimal.

Selain itu orang tua juga tidak harus mengikuti standar waktu yang sudah ditetapkan, hal ini akan sangat berguna dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak.

2. Menghindari anak dari Bullying

Selain orang tua bisa lebih mudah untuk mengetahui perkembangan anak, juga bisa mengawasi pergaulan anak. Orang tua menjadi lebih tahu tentang karakter teman yang dimiliki anak serta tahu dengan siapa anak bergaul.

Hal tersebut juga secara tidak langsung bisa menghindari bullying yang sering terjadi di sekolah. Tindakan bullying sangat mempengaruhi kesehatan mental anak.

3. Waktu belajar yang fleksibel

Kelebihan lain ketika anak mengikuti homeschooling adalah memiliki waktu belajar yang fleksibel. Anak tidak perlu untuk mengikuti jam belajar seperti layaknya di sekolah formal.

Apabila sekolah memiliki jam belajar yang panjang, maka bisa jadi anak menjadi mudah bosan yang mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak efektif.

Dan dengan memiliki jam belajar yang fleksibel maka anak menjadi mudah untuk menyerap materi pelajaran dan menjadi lebih maksimal.

4. Satu murid satu guru

Kelebihan lain yang dimiliki homeschooling adalah satu murid dibimbing oleh satu guru. Guru ini bisa orang tua ataupun mengambil dari guru privat.

Sehingga hal tersebut akan memudahkan guru menjadi lebih mengenali muridnya. Ini sangat penting agar guru bisa memetakan sejauh mana anak dapat menyerap pelajaran dengan maksimal.

Dan yang lebih penting anak bisa terhindar dari tekanan dan stres dalam belajar.

5. Belajar sebagai momen quality time

Apabila orang tua yang menjadi guru anak adala homeschooling maka hal ini bisa menjadikan quality time bersama anak akan lebih banyak. Ini juga bisa mendekatkan orang tua dengan anak.

Namun disaat mendampinginya belajar, orang tua juga harus bersikap tegas terhadap anak layaknya seorang guru di sekolah formal. Sehingga anak bisa membedakan saat orang tua sedang berperan sebagai guru.

6. Belajar untuk pengetahuan bukan nilai

Kelebihan homeschooling yang lainnya yaitu anak akan belajar untuk pengetahuan, bukan nilai. Kebanyakan sekolah, siswa siswinya berkompetisi untuk mendapatkan nilai yang terbaik.Hal ini tidak ditemui saat anak mengikuti homeschooling.

Biasanya sekolah formal juga lebih mementingkan nilai dibandingkan dengan pengetahuan yang didapat oleh anak didiknya.

Padahal kita tahu bahwa tidak semua anak bisa menguasai pelajaran dengan baik, sehingga hasilnya pun tidak maksimal.

7. Anak mendapatkan istirahat yang cukup

Pada sekolah formal apalagi yang full day school maka mengharuskan siswanya untuk berangkat pagi dan pulang di sore hari.

Hal tersebut membuat istirahat anak menjadi berkurang. Maka tak heran jika kita sering menjumpai anak menjadi lelah bahkan ketiduran di kelas selama pelajaran.

Berbeda dengan homeschooling yang memiliki waktu istirahat lebih lama,sehingga menjadikan anak lebih mudah dalam menyerap pelajaran.

Demikian ulasan mengenai kelebihan homeschooling. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA