Kamu bingung mau pilih sekolah negeri atau sekolah swasta? Sekolah negeri dan sekolah swasta, mana yang terbaik?

Pada era digital seperti sekarang ini banyak orangtua yang mempertimbangkan sekolah swasta bagi anak-anak. Alasannya karena fasilitas yang lebih lengkap dan jumlah murid yang tidak begitu banyak. Jika memiliki kemampuan finansial yang mencukupi tentunya hal tersebut tidak akan jadi masalah. Tapi jika tak ada cukup uang untuk membayar biaya pendidikan. Tentu akan membawa keburukan bagi semua anggota keluarga.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah? Apa keunggulan dan kelemahannya?

Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

Sekolah negeri dengan sekolah swasta tak sama. Perbedaan antara sekolah swasta dan negeri dalam hal-hal berikut ini.

1. Biaya

Sekolah negeri memerlukan biaya sekolah yang lebih terjangkau. Ada juga sekolah negeri yang bebas spp. Sekolah mendapat bantuan dana dari pemerintah sehingga pelajar dapat menuntut ilmu tanpa perlu mencemaskan tentang biaya.

Semakin baik kualitas sekolah swasta, biasanya biaya sekolah dan spp juga semakin tinggi. Bahkan ada uang pangkal atau uang bangunan diawal masuk.

2. Fasilitas

Kalau ditinjau dari segi kualitas, maka biasanya sekolah negeri akan memiliki fasilitas yang standar. Maksudnya adalah setiap sekolah negeri tidak ada yang paling tertinggal dan tidak terlalu mewah. Alasannya adalah sekolah negeri mendapatkan dana dari pemerintah yang sama. Hal ini sangat berbeda dengan sekolah swasta. Dimana sekolah swasta mendapatkan pembiayaan dari orang tua siswa. Besarnya pun tergantung jenis sekolahnya. Jika sekolahnya mematok tarif yang mahal maka biasanya fasilitasnya akam jauh lebih mewah daripada sekolah swasta yang baru. Karena biasanya sekolah swasta baru ini mematok harga yang tidak terlalu mahal. Untuk itu sang orang tua harus bisa menentukan yang terbaik untuk anaknya.

3. Kurikulum

Kurikulum yang diajarkan pada sekolah negeri biasanya menggunakan satuan oebdidikan yang sudah diberikan oleh pihak kemneterian pendidikam. Maka dari itu tidak heran jika mata pelajaran di sekolah negeri ratarata memiliki kesamaaa. Sedangkan, sekolah swasta memiliki kebebasan dalam menentukan kurikulum yang digunakan.

 4. Guru dan siswa

Pengajar dari sekolah negeri biasanya seragam alias disamakan oleh dinas pendidikan. Untuk itu sangat jarang adanya ketimpangan. Setiap kelas biasanya jumlah siswa antara 30 sampai 40 orang.

Sekolah swasta biasnya memiliki jumlah siswa yang sedikit di setiap kelas, hanya sekitar 20 orang saja. Terkadang, guru yang mengajar lebih dari satu orang di setiap kelas. Maka, interaksi antara guru dan siswa pun sering terjadi. Padahal guru merupakan  komponen penting dalam kemajuan siswa. Guru adalah elemen utama yang mengajarkan banyak hal kepada siswanya. Untuk itu perlu digaris bawahi lagi bahwa guru yang baik adalah guru yang bisa memberikan ilmunya dengan efektif pada para siswanya.

5. Pergaulan

Siswa di sekolah negeri biasanya berasal dari kelas yang berbeda-beda, seperti ras dan agama yang tidak sama. Semua menjadi satu di sekolah, baik di kegiatan akademis maupun ekstrakurikuler.

Siswa sekolah swasta cenderung satu jenis dan tipeseperti contoh, Untuk itu indikator ini perlu digaris bawahi lagi oleh orang tua. Dengan begitu sang oranh tua pun bisa mengontrol pergaulan sang anak dengan mudah.

Jadi mana yang lebih baik? Masing-masing sekolah, negeri atau swasta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Jadi, jangan patah semangat untuk belajar ya, sahabat!

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA