Bahasa inggris merupakan bahasa internasional. bahasa satu ini dijadikan sebagai alat komunikasi resmi antar negara, antar individu di seluruh dunia untuk komunikasi harian, kepentingan bisnis dan komunikasi lainya. Oleh Karena itu, di era modern seperti sekarang ini menguasai bahasa inggris seolah menjadi keharusan. Maka di berbagai institusi, termasuk institusi pendidikan formal, non formal maupun lembaga pendidikan  informal, biasanya bahasa inggris masuk kurikulum.

Bahasa inggris kini dipelajari dimana mana, di semua kalangan dan usia. Termasuk diajarkan kepada anak anak sejak usia dini. Bagi anak usia dini, belajar bahasa inggris dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Selain juga berguna di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa Manfaat belajar bahasa inggris untuk anak usia dini yang perlu orang tua ketahui.

Pentingnya belajar bahasa inggris untuk anak usia dini

Kita sedang ada di era globalisasi. Di era ini, berbagai bahasa lazim diturunkan selain bahasa ibu. Maka tidak heran banyak orang tua sekolahkan anaknya ke lembaga yang membuka layanan bahasa asing, atau juga mengikutkan si kecil ke kursus bahasa.

Meningkatkan Kecerdasan

Menurut penelitian dari Harvard University, belajar bahasa asing membantu meningkatkan kecerdasan, kreativitas dan fleksibilitas berpikir lebih baik. Anak bisa diajari bahasa asing sejak usia 1 tahun keatas, ketika ia mulai berkembang, di usia ini, biasanya anak lebih mudah belajar bahasa asing dengan metode permainan. Bila anak sudah mulai bisa kuasai satu bahasa asing, ini akan baik bagi perkembangan kognitif anak.

Saat ini, salah satu bahasa asing terpenting yang biasanya diajarkan kepada anak usia dini adalah bahasa inggris. Ada juga yang mulai diajari bahasa asing lainya seperti bahasa mandarin, arab dan bahasa asing lainya.

Bahasa Inggris sendiri memang bahasa global. Sebagai alat komunikasi internasional yang hampir dituturkan di semua tempat di berbagai belahan dunia. Maka tak heran jika bagi kalangan tertentu, bahasa ini wajib dikuasai. Maka, sejak usia dini sudah diajari bahasa inggris.

Bermanfaat Untuk Masa Depan Anak

Selain bisa mengasah kecerdasan dan kreativitas anak, mengajari anak usia dini bahasa inggris juga berguna baginya di masa depan, di masa depan anak akan mudah menguasai bahasa ini. Juga mudah menguasai bahasa lainnya.  Setidaknya ada beberapa manfaat utama anak diajari bahasa inggris, yakni antara lain, anak akan menguasai bahasa ini dengan baik.

Melatih kepekaan yang lebih tinggi terhadap bahasa dan pendengaran, meningkatkan pemahaman anak tentang bahasa, termasuk bahasa asing dan bahasa ibu serta membuat anak memperluas budaya lain lewat bahasa, juga menumbuhkan toleransi kepada orang atau negara lain.

Cara Mengajari Anak Usia Dini Bahasa Inggris

Saat ini, untuk mengajari anak bahasa inggris cukup mudah.  Orang tua bisa membimbing langsung belajar dirumah dengan menggunakan berbagai alat bantu seperti internet. Ada banyak sekali konten pelajaran bahasa inggris yang tersedia disana. Konten konten ini bisa berupa teks, maupun gabungan audiovisual. Selain itu, orang tua juga bisa mengikutkan anak kursus atau les bahasa inggris.Dengan cara cara ini, anak akan bisa belajar bahasa inggris dengan baik. Yang pada akhirnya akan berguna di masa depan anak.

Itulah tadi beberapa manfaat belajar bahasa inggris bagi anak usia dini. Ternyata ada banyak manfaat mempelajari bahasa ini. Mulai dari meningkatkan kecerdasan anak, hingga nantinya anak benar benar menguasai bahasa satu ini yang akan berguna baginya dimasa mendatang, mengingat bahasa inggris adalah bahasa internasional dan salah satu bahasa terpenting sebagai alat komunikasi global.

 

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA