Masuk Sekolah Dasar alias SD merupakan tahap perkembangan proses belajar mengajar sang anak ketika sudah lulus Taman kanak kanak. Meskipun SD masih terdengar sepele, akan tetapi kita harus mempersiapkan beberapa hal. Alasannya adalah saat ini masuk SD sudah tidak seperti dulu. Saat ini masuk SD memerlukan beberapa aspek yang memang harus disiapkan oleh para orang tua. Walaupun tidak begitu kelihatan, beberapa aspek di bawah ini tetap harus diperlukan untuk memudahkan sang anak salam menjalani proses belajar mengajar. Dibawah ini merupakan hal yang perlu disiapkan orangtua saat anak masuk SD.

Hal yang Perlu Disiapkan

Dana pendidikan

Tanpa biaya maka anak tidak akan bisa memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebaiknya mulai mempelajarinya sedikit demi sedikit untuk mempersiapkan dana pendidikan tanpa perlu berutang.

Berikut pertanyaan dan jawaban seputar dana pendidikan:

Berapa kenaikan biaya pendidikan dan apa faktor yang mempengaruhinya?

Kenaikan biaya pendidikan biasa terjadi setiap tahun.tingkat kenaikan biaya masuk sekolah dan iurannya bervariasi antara 6 hingga 20 persen per tahun.

Ada beberapa fakto yang dapat mempengaruhi kenaikan biaya pendidikan seperti halnya :

1. Inflasi

Biaya pendidikan akan mengalami kenaikan ketika terjadi inflasi karena gaji guru ketika terjadinya inflasi juga akan mengalami kenaikan.

2. Pendidikan Yang Berkualitas

Banyak orang tua yang tidak peduli berapa biaya pendidikan yang harus dibayar untuk pendidikan terbaik anak-anaknya.

3. Standar Pendidikan Berubah

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu biaya tambahan yang lumayan besar. Maka, biasanya pihak sekolah akan mengkoordinasikan perubahan biaya atau iuran ini kepada orangtua siswa.

Berapa persentase gaji yang sebaiknya dialokasikan untuk dana pendidikan?

Jika dihitung berdasarkan asumsi kenaikan biaya pendidikan per tahun  adalah 15%, umumnya gaji rata-rata yang ideal untuk dialokasikan untuk pendidikan adalah sekitar 10 hingga 20 persen dari pendapatan.

Tips Mengajari Anak Bisa Membaca

Bagi bunda menyiapkan anak untuk masuk sd itu cukup menjadi pr. Karena sekarang ketika anak masuk sekolah sd itu sudah diwajibkan untuk bisa membaca. Wah, pasti sulit ya bunda. Tapi, jangan khawatir berikut ada tipsnya:

Latih pengetahuan dasar anak

Pengetahuan dasar bertujuan untuk mempersiapkan anak menguasa konsep dasr, seperti membaca, menulis, dan berhitung.

Beberapa pengetahuan dasar yang perlu dipersipakan yaitu:

  • Mampu membedakan bentuk segitiga, segi empatm lingkaran dan lain-lain.
  • Mampu menyebutkan angka dan bilangan.
  • Lancar menyebutkan huruf dan bunyinya.

Keterampilan dasar

Beberapa kemampuan dasar yaitu:

  • Kemmampuan untuk mengikuti instruksi.
  • Mampu berinteraksi secara aktif
  • Paham terhadap tugas dan kewajiban.

Rasa percaya diri

Rasa percaya diri akan berpengaruh terhadap sosialisasi yang dimiliki anak. Berbekal ini anak akan belajar keluar dari zona nyamannya.

Mengantar anak

Anak akan merasa sangat bahagia dan bangga saat di antar ke sekolah untuk pertama kali. Sehingga bagi orangtua mengantar anak ke sekolah perlu dilakukan untuk sesekali waktu.

Perlengkapan sekolah

Selain pengetahuan dan keterampilan, modal perlengkapan sekolah juga sangat diperlukan. Orangtua harus jauh-jauh hari dalam menyiapkan perlengkapan sekolah anak. Missal, seragam sekolah, sepatu, tas, buku pelajaran, pena, pensil, penghapus dan lainnya untuk menambah semangat belajar.

Makanan

Bekal makanan yang enak dan bergizi tentunya kan member kesan yang baik sehingga bisa menambah semangat anak untuk melanjutkan kegiatan belajar di sekolah. Perlu ditambahkan makanan ringan juga minuman favorit anak ke dalam tas bekalnya.

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA