Sekolah adalah tempat mendidik dan menempa anak agar memiliki ilmu dan pengetahuan. Namun bagaimana jadinya jika selama di sekolah anak kita mengalami kesulitan belajar, maka otomatis ilmu yang didapatkan tidak akan utuh dan banyak materi yang tidak dikuasai.

Tidak suka dengan pelajaran tertentu atau mendapat nilai yang buruk di sekolah bisa berdampak besar pada psikologis anak. Mereka bisa kehilangan kepercayaan diri dan malas ke sekolah.

Belum lagi ketika orangtua mendapat laporan dari sekolah soal nilai dan malah memarahi. Penting diketahui anak tak melulu harus unggul dalam tiap pelajaran. Ia bisa saja menonjol di pelajaran Bahasa tetapi mendapat nilai buruk dalam pelajaran eksakta.

Memarahi dan hanya menyuruh belajar bukan solusi yang tepat. Lebih baik mencari jalan keluar bersama. Apa saja perubahan sikap anak yang mungkin terjadi jika ia mengalami kesulitan belajar di sekolah?

1. Malas membahas sekolah
Sepulang sekolah ia bisa saja langsung mengurung diri dan malas membicarakan apa yang terjadi di sekolah. Saat ditanya anak juga cenderung menjawab seadanya atau bahkan menjawab dengan ketus. Ini merupakan sinyal awal ada yang tidak beres di sekolah.

2. Nilainya menurun drastis
Biasanya orangtua mendapat laporan dari sekolah terkait nilai anak. Hasilnya terlihat nilai anak menurun drastis dari biasanya. Jangan langsung memarahinya, tanyakan dulu pada anak kesulitan apa yang dihadapinya. Jika ia merasa butuh les, mungkin Anda bisa mencari tempat les atau guru privat.

3. Butuh waktu ekstra saat mengerjakan pekerjaan rumah (PR)
Kadang tugas dan pekerjaan rumah yang terlalu banyak juga membuat anak malah jenuh belajar. Ia pun jadi lebih lama mengerjakan PR atau malah tak mengerjakannya sama sekali. Jika anak terlihat jenuh atau kewalahan dengan aktivitasnya, saatnya mengubah jadwal.

Bisa saja terlalu banyak jadwal les dan ia tak sempat bermain atau beristirahat. Bukan hanya fisik tapi psikisnya kelelahan sehingga ia pun tak menyerap pelajaran di sekolah dengan maksimal.

Sumber: parenting.dream.co.id

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA