Hallo sobat Batasa, dalam kesempatan ini kami akan memberikan tips seputar memilih sekolah terbaik untuk anak. Semoga ini jadi gambaran buat para orangtua khususnya dilingkungan Bimbel Batasa agar bisa mendapatkan sekolah terbaik untuk kemajuan putra dan putri kita.

Tahun ajaran baru sebentar lagi tiba, bagi orang tua yang memiliki anak usia sekolah biasanya sedang sibuk memilih sekolah sebagai tempat pendidikan bagi anak-anaknya. Tentu sebagai orang tua yang baik kita menginginkan anak-anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas dan sholeh, agar kelak mereka bukan sekadar sukses di dunia, namun juga sukses di akhirat. Karena anak yang seperti inilah yang bisa menjadi bekal kita untuk kehidupan setelah kematian.

Salah pilih sekolah, bisa fatal akibatnya. Kenapa demikian? Karena alih-alih anak-anak kita menjadi cerdas dan berkepribadian Islam, mereka bisa terjerumus menjadi anak yang enggan belajar, bermasalah dalam penguasaan ilmu kehidupan dan keteerampilan, atau tumbuh dengan kepribadian yang liar dan jauh dari arahan Islam. Hal itu berbahaya untuk kehidupan mereka di dunia maupun di akhirat. Terlebih mereka adalah amanah Allah yang dititipkan kepada kita sebagai orang tuanya, pasti kita akan dimintai pertanggungjawaban. Jika pendidikan mereka gagal, maka di dunia menjadi beban dan masalah bagi orang tua, apalagi di akhirat.

Karena itu, dalam memilih sekolah kita harus cermat dan dengan pijakan yang benar. Bukan asal sekolahan, asal lagi ngetrend, atau asal bisa membuat anak cerdas saja. Lalu bagaimanakah cara memilih sekolah terbaik bagi anak-anak kita? Pada kesempatan ini saya akan berbagi 7 (tujuh) TIPS TOPS cara memilih sekolah yang terbaik bagi masa depan anak-anak kita.

Yang pertama, pastikan sekolah tersebut memiliki visi pendidikan yang berdimensi dunia dan akhirat. Sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki visi mendidik anak-anak agar mampu menguasai ilmu kehidupan (sains dan teknologi), memahami ilmu agama dengan baik dan membentuk kepribadian sesuai dengan Islam. Dengan visi pendidikan seperti ini, sekolah memiliki komitmen mewujudkan anak didik yang cerdas dan sholih.

Namun, jangan sampai berhenti sampai di situ saja, kita harus mengecek apakah kurikulum yang dijalankan oleh sekolah tersebut sudah sesuai dengan visi yang tertulis. Jika sudah sesuai, observasi proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diterapkan, apakah juga relevan dengan konsep yang diadopsi oleh sekolah. Sekolah yang bagus adalah sekolah yang memiliki kesesuaian antara visi, kurikulum dan proses pembelajarannya.

Visi sekolah dan kurikulum bisa kita ketahui dari brosur, facebook, website atau media promosi lainnya yang dimiliki sekolah. Jika itu tidak ada, maka kita bisa menanyakan langsung ke sekolah tersebut.

Untuk semakin meyakinkan, coba amati lingkungan sekolahnya, apakah di sekolah tersebut ada banyak penjual makanan yang tidak bersih dan sehat, dan apakah masjid / musholla-nya (jika ada) dalam kondisi terawat dan bersih. Bagaimana dengan toiletnya, apakah juga bersih dan tidak ada coretan? Sekolah yang baik dan memiliki komitmen, maka akan menjaga anak-anak didiknya dari makanan yang tidak bersih dan sehat. Demikian juga komitmen sekolah tercermin dari perhatian mereka terhadap kebersihan masjid/musholla dan toilet sekolah. Toilet siswa yang penuh coretan, apalagi coretan tersebut berupa tulisan atau gambar seronok, maka kita bisa menebak bagaimana kepribadian anak didiknya.

Yang kedua, tanyakan apakah sekolah tersebut memiliki program pembinaan kompetensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan atau tidak. Juga yang tidak kalah pentingnya, tanyakan apakah ada program pembinaan tsaqofah dan kepribadian bagi semua personil sekolah dari mulai kepala sekolah sampai staff ataukah tidak. Sekolah yang baik adalah sekolah yang memperhatikan peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam hal kompetensi dan kepribadiannya sehingga selalu sesuai dengan Islam dan bisa mendukung terwujudnya visi sekolah.

Yang ketiga, saat kita datang ke sekolah dan bertanya berkaitan dengan sekolah, amati apakah personil sekolah menyambut dengan ramah, melayani kita dengan sabar dan hangat serta memahami konsep sekolahnya dengan baik. Sekolah yang baik dan manajemennya rapi, maka mereka memiliki prosedur yang jelas dalam menangani tamu. Dan personil sekolah yang paham tentang konsep sekolahnya menunjukkan bahwa sekolah tersebut telah membina tim dengan baik.

Sekolah yang baik juga tercermin dari arah dan poin penyampaian pihak sekolah terhadap kita. Apabila sekolah tersebut lebih mengutamakan penyampaian konsep pendidikan sekolah dan juga meminta komitmen serta sinergi dari orang tua siswa, maka sekolah itu adalah sekolah yang tepat. Namun apabila poin pembicaraannya hanya fokus berkaitan dengan biaya dan hal-hal administratif lainnya, maka sekolah itu bukan sekolah yang tepat.

Yang keempat, saat kita datang ke sekolah yang akan kita pilih, sempatkan untuk mengamati interaksi antara guru dengan siswa-siswanya. Sekolah yang baik memiliki guru-guru yang hangat dalam berkomuniasi dengan anak-anak didiknya, peduli terhadap masalah yang dihadapi mereka, dan selalu sabar dalam membimbing dan mengarahkan kepribadian atau akhlak mereka.

Yang kelima, coba lihat pula tingkah laku siswa-siswi di sekolah tersebut, apakah sudah menampakkan kepribadian yang sesuai dengan indikator visi sekolah ataukah belum. Kepribadian yang baik akan nampak dari cara mereka berbicara dan bersikap ketika berinteraksi dengan orang lain, baik itu dengan gurunya maupun dengan sesama teman-temannya, atau saat anak-anak tersebut berinteraksi dengan orang lainnya. Untuk mengetahui hal ini, sempatkan berkunjung ke kantin sekolah atau ke ruang kelas, khususnya saat jam istirahat.

Bila perlu, tanyakan ke orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Bagaimana pendapatnya tentang sekolah, dan tanyakan juga bagaimana perkembangan anaknya selama mengikuti pendidikan di sekolah itu. Umumnya jika sekolahnya berkualitas, maka orang tua akan puas dan menyampaikan kepuasannya tersebut dengan terbuka dan meyakinkan, tanpa dibuat-buat. Dan biasanya orang tua yang benar-benar puas, mereka akan mempromosikan sekolah itu tanpa diminta.

Yang keenam, pertimbangkan apakah biaya pendidikan di sekolah tersebut sesuai dengan kemampuan kita? Pilih sekolah yang berkualitas dan sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Namun jangan sampai kita terjebak pada sekolah yang buruk hanya karena permasalahan biaya. Pilih sekolah yang bagus dan sesuai dengan keuangan kita.

Terakhir yang ketujuh, yang ketujuh, meskipun pengaruhnya tidak secara langsung terhadap pembentukan kepribadian dan kompetensi anak, kesejahteraan guru di sekolah tersebut juga perlu kita ketahui, apakah diperhatikan atau tidak. Karena kesejahteraan guru yang terjamin dan diperhatikan akan membuat para guru nyaman dan tenang dalam menjalankan tugasnya. Bagaimana cara mengetahuinya? Salah satu indikatornya adalah, apakah guru di sekolah tersebut sering gonta-ganti (keluar-masuk) ataukah para guru sudah stabil alias betah. (makmalpendidikan.net)

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA