Banyak pemberitaan baik di media lokal, nasional, dan bahkan media internasional seputar virus corona. Kadang kita sebagai orangtua bingung cara apa yang harus dilakukan untuk anak agar terhindari dari virus yang sangat berbahaya ini. Dalam artikel ini admin mau berbagi tips dari koran tempo kepada pembaca seputar pencegahan dini virus corona bagi anak khususnya di lingkungan Bimbel Batasa.

Karena cara penularan virus corona pada anak-anak sama dengan orang dewasa, maka tindakan preventif yang harus dilakukan juga sama, yakni:

  1. Memastikan anak sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol.
  2. Hindari orang yang terlihat sakit, termasuk batuk dan bersin.
  3. Bersihkan benda-benda yang sering disentuh anak dengan disinfektan, misalnya gagang pintu, kursi, meja, hingga mainannya.
  4. Cuci mainan anak juga dengan air dan sabun atau sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Bila memungkinkan, cuci mainan tersebut menggunakan air hangat.
  5. Bagi orangtua, kurangi kebiasaan mencium atau menyentuh wajah anak Anda.
  6. Jangan membawa anak-anak di kerumunan atau keramaian.
  7. Bagi orangtua yang bekerja, sepulang kerja segera ganti pakaian dan mandi sebelum berinteraksi dengan anak.

Anak-anak tidak perlu menggunakan masker jika tidak sedang demam, batuk, atau pilek. Sebaliknya, jika anak memperlihatkan gejala demikian, bawa ia ke pusat layanan kesehatan dengan mengenakan masker dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang lain.

Demikian tips agar anak terhindari dari bahaya virus corona, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan terhindar dari bahaya virus corona. Mari siaga sejak dini. (Foto: (Shutterstock/Woocat)

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA