Tidak dapat dipungkiri membaca adalah kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu dalam agama islam membaca sangat dianjurkan dan bahkan jadi wahyu pertama yang dituangkan dalam surat Al-‘Alaq ayat pertama yang berbunyi Iqra artinya membaca. Membaca bisa membuka jendela dunia dan bisa mengerti maksud dan tujuan atas keterangan suatu benda.

Oleh karena itu, alangkah bahagianya jika anak kita sudah bisa membaca, dia akan mengerti pepatah dari orangtuanya dalam bentuk tulisan, anak juga akan mengerti makna dari sebuah tulisan baik yang ada dirumah, di sekolah, atau dilingkungan sekitarnya. Salahsatu kegiatan membaca adalah membaca buku.

Sangat penting untuk anak mulai membaca buku sejak usia dini, karena ada banyak sekali manfaat dan keuntungannya. Tidak hanya sebatas kosakata anak menjadi kaya, namun masih banyak lagi yang didapatkan anak dari membaca buku. Berikut ini diantaranya:

1. Prestasi
Berbagai penelitian menyebutkan, anak yang ‘terpapar’ bacaan sejak dini sebelum ia masuk sekolah akan lebih bertanggung jawab dan ‘tampil’ lebih baik di semua aspek pendidikan formal ketika ia di sekolah kelak. Tidak berhenti di sektor pendidikan formal, tapi anak juga memiliki bakat pembelajar secara umum di semua bidang.

2. Kemampuan berkomunikasi
Saat Anda membacakan anak cerita, dengan memperkenalkan berbagai tokoh serta berbagai ekspresi, anak jadi belajar berimajinasi dan menyerap banyak hal. Ini membuat kemampuan berkomunikasinya jadi lebih baik saat bersosialiasi dengan orang lain.

3. Kebutuhan
Terbiasa melihat dan mengalami sendiri bahwa membaca buku merupakan hal yang menyenangkan, maka ini akan menjadi suatu kebutuhan yang akan terus dicari anak sampai dewasa. Anak akan cenderung memilih buku sebagai hiburan, ketimbang televisi maupun gadget.

4. Solusi baru
Momen anak memasuki babak baru dalam hidupnya, misalnya potty training maupun masuk pra sekolah, yang mengharuskan anak bertemu dengan ritual atau orang baru, berpotensi bikin anak tertekan. Bantu ia mengatasinya dengan membacakan cerita dengan kasus yang mirip, sebelum anak akan menghadapi saat-saat tersebut. Ini bisa mengurangi kecemasannya.

5. Kemampuan berpikir logis
Membacakan anak cerita, selain membiasakannya berimajinasi, juga melatih anak berpikir logis dan kritis, memahami konsep sebab-akibat, dan belajar mengetahui nilai-nilai yang baik.

Sumber: ayahbunda.co.id

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA