Hallo sahabat Batasa tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, banyak hikmah dan pahala yang bisa kita dapatkan di bulan berkah ini. Eit tapi gak semua orang bisa mendapatkannya lho. Nah buat kamu yang ingin mendapatkan berkah ramadhan yuk maksimalkan kegiatan ramadhannya dengan diisi kegiatan yang produktif.

Bulan ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam penanggalan kalender Hijriah. Setiap amalan yang dilakukan di bulan ini pahalanya akan dilipatgandakan oleh-Nya. Maka tak heran, sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam semakin giat melakukan serangkaian aktivitas keagamaan. Hal inilah yang pasti sangat ditunggu-tunggu kaum muslim.

Lantas, apakah bulan puasa selalu identik dengan adanya kegiatan menahan lapar dan haus dari adzan subuh hingga datangnya maghrib? Tentu saja tidak ya, guys. Di bulan suci ini kaum muslim juga harus taat pada imannya terhadap godaan apapun, dalam makna lain, kalian harus menahan godaan amarah dan emosi. Hal ini diwajibkan kepada siapapun yang menjalankan ibadah puasa, terutama kalian yang muda-mudi, nih.

“Senang banget kalau bulan puasa sudah tiba, bisa berkumpul sama keluarga besar, karena bulan puasa itu kan cuma setahun sekali, terus bisa menguji seberapa kuat iman kita. Paling agak susahnya puasa sih ketika cuaca lagi terik”, ujar Mita, salah satu warga SMA NEGERI 3 PALEMBANG

“Di bulan puasa itu kita bisa menguji iman kita, menguji nafsu, bisa menyehatkan lambung, seru deh pokoknya”, tambah Nata, yang juga merupakan warga SMA NEGERI 3 PALEMBANG

Kembali ke topik ibadah puasa, mungkin ada kalanya ketika kalian merasa bosan dan penat selama menjalankan ibadah puasa ini. Nah, berikut ada beberapa tips bagi gen Z supaya ibadah puasanya lancar dan tidak monoton.

1. Berkunjung ke Rumah Teman

Kalian bisa mengamalkan silaturahmi dengan teman-teman lama atau kerabat. Dari sini, kita dan teman-teman kita bisa bercerita pengalaman bareng, membuat beberapa kegiatan untuk hari berikutnya seperti buka puasa bersama, dan mengadakan kegiatan amal. Niscaya, kegiatan ini tidak membuat kalian bosan selama kegiatan puasa berlangsung

2. Mengaji

Kalian juga bisa mengaji dan membaca Al-Qur’an di rumah, atau bisa membuat janji bersama teman untuk pergi ke Masjid bersama. Hal ini bisa menambah pahala kalian di bulan suci ini.

3. Ngabuburit

Mungkin kegiatan ini hanya selingan di bulan puasa saja. Sambil menunggu berbuka, kalian mungkin bisa berkunjung ke tempat-tempat yang berguna, contohnya museum, tempat keagaamaan (masjid) bersejarah, dan tempat wisata lainnya.

4. Menonton

Eits, jangan menonton sembarang film, guys. Yang dimaksud disini adalah sambil mengamalkan ibadah puasa mungkin kalian bisa menonton acara atau film keagaamaan, acara dakwah atau film yang lebih kepada islami. Kegiatan ini mungkin mampu menambah iman kalian.

5. Menjaga pola tidur

Ini mungkin terlihat sepele, guys. Tapi bagi kalian yang menjalankan ibadah puasa ini sangat bermanfaat. Karena, jika kalian tidak menjaga pola tidur ketika di malam hari, maka sia-sialah ibadah puasa kalian jika hanya dijalankan dengan aktivitas tidur. Lebih baik jika aktivitas tidur itu digantikan dengan hal-hal yang produktif. Maka dari itu, memperhatikan pola tidur itu sangat penting.

Guys, apakah ada tips-tips lain dari kalian? Mungkin kalian bisa menambahkan di komentar. Satu hal yang penting, lakukanlah ibadah puasa ini dengan hati yang tulus, bersih, dan murni.

Puasa wajib di bulan Ramadhan yang dijalankan umat muslim di seluruh dunia itu bisa menjadi benteng pertahanan diri. Karena tujuan dari puasa itu tak lain adalah demi meningkatkan ketaqwaan dan keimanan, agar tidak terpengaruh kepada nafsu duniawi. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA