Menjadi orang tua memang sangat menyenangkan. Akan tetapi kalau punya anak yang hiperaktif memang akan ampuh menguras kesabaran orang tua dalam rangka mendidiknya. Dan memang memiliki anak hiperaktif merupakan sebuah tanggung jawab yang sangat sulit dilakukan orang tua. Mungkin diantara Anda ada yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak yang hiperaktif?

Tentunya Anda perlu bersikap cerdas dan bijak dalam cara mendidik anak yang hiperaktif karena mereka butuh kebijakan Anda dalam menyikapi setiap gerak dan tingkah laku mereka. Dan disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda tentang cara mendidik anak yang hiperaktif. Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini!

Cara Mendidik Anak yang Hiperaktif

Bagi Anda yang memang memiliki anak yang hiperaktif, ada beberapa cara mendidik anak yang hiperaktif dan dapat Anda coba terapkan diantaranya

1. Ajarkan disiplin

Ketika Anda memiliki anak yang hiperaktif, ada baiknya untuk Anda coba atur dirinya dengan baik. Anda ajarkan dia untuk selalu berlaku disiplin atas waktu dan hidupnya. Jangan Anda sekali – kali memberikan label pada anak hiperaktif dengan kata “anak nakal”, “anak malas”, “anak bodoh” karena sejatinya anak akan berlaku sesuai apa yang Anda labelkan pada dirinya.

2. Tentukan terapi terbaik pada anak

Efektif tidaknya terapi tentu berbeda – beda pada setiap anak. Ada anak hiperaktif yang efektif dengan terapi A ada yang dengan terapi B. Orang tua tentu harus tentukan terapi yang terbaik untuk anak agar bisa berlaku produktif dan lebih baik lagi. Dan yang paling penting Anda lakukan adalah berikan kasih sayang dengan tepat dan bukan dengan memanjakan karena kalau Anda terlalu memanjakan dia, maka anak tidak akan bisa berkembang dengan optimal.

3. Jangan bosan mengulang

Anak yang hiperaktif memang berbeda dari kebanyakan. Ada baiknya dalam mengajari anak yang hiperaktif, Anda jangan bosan untuk terus menerus mengulang hal – hal yang dengan cepat dapat dipelajari dan kemudian diingat oleh anak Anda. Anda bisa katakan di depan anak Anda tersebut bahwa dirinya adalah anak yang baik, anak yang pintar dan sebagainya guna memacu rasa ingin tahu dan rasa semangat dirinya untuk belajar lebih giat lagi.

4. Perbanyak komunikasi

Komunikasi memang sangat penting karena itu coba Anda perbanyak komunikasi dengan anak Anda. Dengan berkomunikasi juga secara tidak langsung menjadi suatu terapi yang sangat penting dalam perkembangan dirinya. Karena itu jangan pernah lupakan komunikasi walau terkadang anak hiperaktif terkesan acuh.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas tentang Cara Mendidik Anak yang Hiperaktif menjadi informasi yang bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Pendidikan Adalah Aset Berharga untuk Kemajuan Sebuah Peradaban

DAFTAR SISWA